Kamis, 15 November 2012

Tugas 3 ( Manusia dan Pandangan Hidup )



  
Manusia Dan Pandangan Hidup

            Pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan dalam masyarakat. Setiap manusia memiliki keinginan baik maupun buruk. Sikap hidup adalah perasaan hati dalam menghadapi hidup, sikap tersebut bisa positif, negative, negative, apatis atau sikap optimis maupun pesimis tergantung kepada pribadi dan lingkugannya.

            Manusia adalah bagian dari pandangan hidup. Dalam kehidupan tidak ada seorang pun manusia yang tidak memiliki pandangan hidup. Adapun yang dikatakanmanusia adalah sebuah pandangan hidup karena dapat dipengaruhi oleh pola pikir tertentu pada setiap individu. Pandangan hidup bersifat elastis, tergantung kepada situasi dan kondisiyang dapat dipengaruhi oleh lingkungan hidup dimana manusia tersebut berada.

            Sumber pandangan hidup berasal dari agama. Ideology maupun hasil perenungan seseorang yang bersifat relative. Setiap individu memiliki pandangan hidupdan cita-citanya sendiri dan selalu bermimpi untuk mencapai yang dia inginkan sesuai dengan cita-citanya. Tidak sedikit manusia yang mimpinya menjadi kenyataan. Bermula dari mimpi akan menjadikan kita semangat untuk mengejar mimpi tersebut.

Pandangan hidup yang diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
  1.  Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
  2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relaif kebenarannya.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu :
Pandangan Hidup Manusia
  1.  Cita-cita
  2. Kebijakan
  3. Usaha
  4. Keyakinan/kepercayaan
Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik:
  1.  Mengenal : suatu kodrat bagi manusia yang merupakan tahap pertama dari aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenal apa tu pndangan hidup,
  2. Mengerti: maksudnya mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri.
  3. Menghayati : pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri. Menghayati disini dapat diibaratkan menghayati nilai-nilai yang terkanung di dalamnaya.
  4. Menyakini : suatu hal untuk cendrung memperoeh suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidup.
  5. Pengabdian : suatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya dam orang lain.
Ada 3 faktor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap manusia yaitu :
  1. Factor pembayaran (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.
  2. Factor lingkungan dimana mereka tinggal dan hidup dalam lingkungan yang baik maupun tidak baik.
  3.  Factor pengalaman yang khas yang pernah dialami sewaktu dia mulai hidup dan hingga sampai dewasa.
Pada dasarnya meskipun pandangan hidup manusia berbeda-beda namun kita dituntut untuk dapat membawa kebaikan dalam berpandangan tentang hidup. Selalu berfikir positif adalah al yang membawa kita ini hidup penuh dengan kebaikan dan akan membawa kita kepada pribadi yang tangguh. Pribadi yang dapat menyesuaikan diri dimanapun da berada, tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negative yang ada di lingkungan tempat tinggal kita.


0 komentar:

Posting Komentar