Pengertian
perilaku konsumen menurut beberapa ahli yaitu:
1. John
C. Mowen dan Michael Minor
Mendefinisikan
perilaku konsumen sebagai study tentang unit pembelin (buying unit) dan proses
pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk maupun jasa dan
pengalaman serta ide-ide.
2.
Lamb,
Hair dan Mc. Daniel
Menyatakan
bahwa perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan
untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang
dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan
penggunaan produk .
3.
Engel,
Blackwell dan Miniard
Menyatakan
bahwa perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam
mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa termasuk proses
keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Tujuan
mempelajari perilaku konsumen
Ada beberapa tujuan mempelajari
perilaku konsumen bagi pemasar. Karena memang perilaku konsumen ini dapat
dikatakan sebagai salah satu hal yang sangat penting di dalam pemasaran. Dan di
dalam pemasaran, konsumen dapat pula di katakan sebagai komponen keberhasilan.
Dalam pencapaian keberhasilan dari proses pemasaran ini haruslah dapat
diketahui dan dipahami bagaimana perilaku dari konsumen itu sendiri dan hal ini
amatlah penting untuk diketahui oleh pihak pasar. Di dalam mempelajari perilaku
konsumen, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pihak pemasar adalah
sebagai berikut:
1.
Membuat
produk yang di hasilkan dapat di terima oleh konsumen
Inilah yang paling penting yang
harus dilakukan oleh seorang pemasar atau pelaku bisnis yaitu bahwa semua
produk yang ia hasilkan dapat diterima di pasar dan laku oleh konsumen. Dengan
adanya hal ini maka akan menandakan bahwa apa yang apa yang ia lakukan di dalam
bisnis akan menghasilkan suatu keberhasilan. Dengan ini maka ia pun akan
mendapatkan keuntungan atau laba yang cukup besar. Maka dari itu, sangalah
penting untuk mempelajari perilaku konsumen yaitu tentang bagaimana dan apa
yang mereka butuhkan. Kemudian, setelahnya pihak pemasar akan mencoba untuk
menciptakan produk yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh pemasar
ini. Dengan ini sangat diharapkan bahwa apa yang di buat oleh pemasar dapat
memenuhi apa yang di butuhkan oleh konsumen.
2.
Mendapatkan
keloyalan dari konsumen kepada produk yang telah di buat
Selain untuk membuat produk yang
ada di dalam pasar dapat diterima oleh pihak konsumen, tujuan lain dapat
mempelajari perilaku konsumen bagi pemasar adalah untuk mendapatkan keloyalan
dari pihak konsumen terhadap dirinya. Konsumen tidak hanya akan memakai dan
membeli barang yang telah ia produksi namun konsumen akan menjadi loyal
terhadap barang tersebut. Dengan keloyalan ini, konsumen akan menjadi setia dan
tak akan begitu mudah untuk beralih menggunakan produk lain. Setelah itu,
konsumen juga dapat diposisikan sebagai agen pemasaran gratis kepada orang
lain.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar