Penelitian diadakan di Giant Hypermarket MOG di Jalan Kawi
dan MATOS Hypermart di Jalan Veteran di
kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keputusan pembelian
konsumen terhadap chicken nugget dan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh.
Jumlah sampel 100 responden dengan 50 konsumen dari setiap lokasi yang
digunakan untuk mendapatkan data yang dipilih secara accidental sampling. Data
dikumpulkan dari 19 Mei-26 Juni 2013. Data primer dikumpulkan dengan metode
survey menggunakan kuisioner struktural. Analisis data terdiri dari dua tahap,
yaitu analisis faktor dan analisis
regresi berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa konsumen membeli chicken nugget dengan merek dan kuantitas yang sama
namun berdasarkan kebutuhan. Faktor "lingkungan sosial chicken nugget
konsumen", "promosi, tempat dan komposisi chicken nugget",
"harga dan merek chicken nugget", "promosi dan produk chicken
nugget", jenis kelamin dan pekerjaan dapat meningkatkan pembelian konsumen
terhadap produk chicken nugget.
KESIMPULAN:
Berdasarkan hasil penelitian mengenai
perilaku konsumen dalam pembelian produk chicken nugget di kota malang
dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.
Konsumen
chicken nugget di Kota Malang selalu sama dalam pemilihan merek dan jumlah
chicken nugget, tetapi waktunya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen tersebut.
2.
Hasil
analisis menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh terhadap pembelian
chicken nugget.
· Faktor “lingkungan sosial konsumen
chicken nugget”, “bentuk promosi, tempat penjualan, dan komposisi chicken
nugget”, “harga dan merk chicken nugget”, “promosi dan produk chicken nugget”,
jenis kelamin dan pekerjaan dapat meningkatkan pembelian chicken nugget di Kota
Malang.
SUMBER
:
Ratna
Dika Alifianti, Budi Hartono dan Hari Dwi Utami (Dosen dan Mahasiswa Fakultas
Perternakan Universitas Brawijaya).
0 komentar:
Posting Komentar