Sabtu, 26 April 2014

Apa yang membuat rasa pedas pada cabai...???


Saat anda mendengar kata cabai mungkin kata tersebut tidak asing lagi di telinga anda, Cabai merupakan tumbuhan bumbu tradisional penghasil rasa pedas yang umumnya berwarna merah atau hijau tua. Mengapa cabai rasanya sangat pedas....???? karena jika cabai dibelah maka kita akan menemukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin. Zat capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat capsaicin inilah yang mengakibatkan cabai menjadi terasa sangat pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsinya.
Zat capsaicin juga dapat membuat para pengkonsumsinya merasa ketagihan dan kecanduan itulah alasannya yang membuat banyak orang begitu menyukai bahkan tidak mau berhenti mengkonsumsi cabai. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak cabai akan mengakibatkan sakit perut yang dahsyat bagi pengkonsumsinya. Namun jika pengkonsumsi tersebut dapat mengkonsumsi cabai secara wajar, cabai tersebut justru akan memberikan banyak manfaat.
 
Manfaat tersebut antara lain yaitu:

1.     Cabe dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat
Karena Capsaicin dapat mengencerkan lendir yang terdapat di rongga hidung. Sehingga lendir yang tersumbat di dalam rongga hidung akan menjadi encer dan akhirnya keluar. Akibatnya hidung tidak tersumbat lagi.


2.     Cabe dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi.
Karena rasa pedas dan panas yang ditimbulkan dari capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga rasa sakit tersebut akan berkurang dan bahkan akan hilang.

3.     Cabe dapat memperkecil resiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi dan jantung coroner.
Karena dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga darah akan mengalir dengan lancar.


4.     Cabe dapat meningkatkan nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya.
Capsaicin dapat merangsang produksi hormone endorphin, yaitu hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga nafsu makan menjadi bertambah.

5.     Cabe dapat menghasilkan vitamin C dan provitamin A yang sangat diperlukan bagi tubuh.


6.     Cabe dapat memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh kita karena cabe banyak mengandung kedua zat tersebut.


7.     Cabe dapat menghilagkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.

Beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengalami kepedasan adalah sebagai berikut:
1.     Hisap dan kunyahlah makanan yang mengandung kasein. Karena kasein dapat melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas pada lidah akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung kaseinyaitu susu bubuk, nasi dan roti tawar.
2.     Makanlah makanan yang mengandung minyak seperti gorengan Karena minyak dapat melarutkan capsaicin. Sebaiknya hal yang harus kia hindarkan saat mengalami kepedasanadalah meminum minuman hangat atau bersoda. Karena kedua minuman tersebut akan membuat rasa pedas dan panas menjadi semakin dahsyat.

Kepedasan cabe yang optimal apabila:
1.     Cabe tumbuh di daerah pegunungan (min 200m dpl);
2.     Cabe mendapatkan curah hujan yang cukup;
3.     Cabe terkena sinaar matahari yang cukup selama 11-12 jam/hari.

Berdasarkan factor alam iklim tersebut, maka daerah yang paling cocok menjadi penghasil cabe berkualitas tinggi adalah Asia, meskipun sebenarnya cabe berasal dari Amerika. Oleh karena itu , Asia sering disebut rumah kedua cabe.


SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar